496 Peserta KKN Unigal Resmi Dilepas, Pj. Bupati : Mahasiswa Harus Jadi Agent Of Changes bagi Mayarakat

Ciamis korankabarnusantara.co.id  Pj. Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna resmi melepas sebanyak 496 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Galuh Ciamis (Unigal) Periode 1 Tahun akademik 2023-2024, pada Kamis (30/05) pagi, di halaman Pendopo Ciamis.

Tema yang diambil dalam pelaksanaan KKN kali ini adalah ‘Peningkatan kapasitas Masyarakat melalui pemanfaatan Lingkungan dan Budaya’, dengan Harapan Mahasiswa dapat memberikan ide-ide dan gagasan sehingga dapat melahirkan Inovasi guna pembangunan masyarakat dengan Memanfaatkan Kearifan lokal yang ada di daerah.

Pj. Bupati Ciamis yang pada kesempatan tersebut bertindak sebagai Insprktur Upacara (Irup) mengamanatkan Kepada Seluruh peserta KKN agar hadirnya para Mahasiswa Unigal di tengah-tengah Masyarakat dapat memecahkan persoalan yang ada di Masyarakat.

Selain itu mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi sekaligus memecahkan masalah yang tumbuh di masyarakat dengan pendekatan kolaborasi Pentahelix, dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan, Guna mendukung terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan dan menjadi bahan masukan bagi kita untuk perbaikan di masa yang akan dating.

Lebih lanjut beliau mengamanatkan kepada para mahasiswa agar lebih meningkatkan kepedulian dan empati kepada permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Dengan kegiatan KKN ini diharapkan dapat terbentuknya perubahan perilaku mahasiswa sebagai pelaku perubahan (agent of changes) dalam proses perubahan masyarakat sehingga menjadi lebih baik,” Pungkasnya.

Pada kesempatan tesebut Pj. Bupati Ciamis juga menyampaikan Terimakasih kepada Universitas Galuh yang telah kembali menempatkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN di wilayah Kabupaten Ciamis.

Sementara Wakil Rektor 1 Universitas Galuh Dr. drh, Agus Yuniawan Isyanto, M.P. dalam laprorannya menyampaikan bahwa pelaksanan KKN tersebut akan dilaksankan di 22 Desa yang terletak di dua Kecamatan.

“Lokasinya di 22 Desa yang terletak di Kecamatan Cijeungjing dan Cisaga Para mahasasiwa KKN Period ke 1 Tahun Akademik 2023/2024 akan melaksanakan KKN mulai Tanggal 30 Mei – 20 Juni 2024,” lebih lanjut beliau menjelaskan.

Beliau juga menyampaikan terimakasihnya kepada Pemkab Ciamis atas penerimaannya kepada para peserta KKN, baik dalam pelepasan kali ini ataupun penerimaan di Daerah nanti.

Yat