Warga Apresiasi Midang dan Wisata Air

Kabar Daerah28 Dilihat

OKI Sumsel, korankabarnusantara.co.id – Penyelenggaraan tradisi budaya Midang Bebuke dan wisata air cakat stempel yang diselenggarakan pada lebaran ke 3 dan 4 atau 12-13 April 2024 telah selesai. Ribuan warga OKI maupun pemudik yang sedang pulang kampung mengikuti tradisi tahunan tersebut.

Mereka mengapresiasi penyelenggaraan midang dan wisata air yang semakin baik dari tahun ke tahun. Khususnya bagi pemudik pulang kampung tahun ini menjadi momen yang membahagiakan dan jadi memori baik yang akan selalu dikenang hingga tahun-tahun mendatang.

“Penyelenggaraannya lebih tertib, petugas siap siaga disetiap pos, nonton midang juga tidak ramai oleh pengendara mobil maupun motor yang lalu lalang,” Ujar Putri salah satu pemudik dari Jakarta.

Tertibnya penyelenggaraan tahun ini tidak terlepas dari rekaya lalu lintas yang dibuat oleh Polres OKI. Tak satupun kendaraan diperbolehkan masuk pada lintasan peserta midang di pinggiran Sungai Komering sehingga peserta midang dan penonton lebih leluasa.

“Untuk parkir kendaraan roda empat maupun roda dua di pusatkan di Gedung Kesenian dan lapangan hatta agar tidak mengganggu peserta midang dan pengunjung wisata air,” Ujar Kapolres OKI, AKBP. Hendrawan Susanto, S.H., S. IK.

Sementara Anggun salah satu peserta midang dari Kelurahan Kedaton mengaku senang bisa mengikuti tradisi midang untuk pertama kalinya. Pelajar kelas 10 salah satu SMA di Kayuagung ini merasa bangga dengan warisan leluhurnya

“Senang bisa ikut midang, bangga juga sebagai generasi penerus bisa ikut melestarikan adat istiadat seperti ini,” Ujarnya.

Sementara Pj. Bupati OKI, Asmar Wijaya mengapresiasi dukungan masyarakat atas terlaksananya tradisi midang 2024. “Tentu tradisi ini tetap terjaga berkat dukungan masyarakat. Antusiasme dan kesadaran masyarakat yang tinggi untuk menjaga warisan leluhur,” terang dia.

Asmar juga berterimakasih atas kesigapan petugas dari unsur TNI/Polri, Dishub, Pol PP serta seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan midang dan wisata air 2024. “Terimakasih atas kesigapan petugas dari Polres OKI, Kodim 0402 OKI, Dishub, Pol PP, petugas kebersihan, serta semua pihak yang mendukung pelaksanaan midang dan wisata air 2024,” tutupnya. (MAT YS )