by

Update Kasus Covid-19, Alhamdulillah Masih Terkendali

Jakarta, korankabarnusantara.co.id  Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia cukup baik dan masih terkendali.

“Pada rapat terbatas (ratas) evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), tadi disampaikan bahwa kalau kita lihat kasus yang ada di Indonesia itu, relatif secara keseluruhan masih dalam tahap yang baik dibandingkan dengan berbagai negara lain,” kata Airlangga di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Airlangga yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali merinci, jumlah kasus harian COVID-19 di Indonesia masih berada di kisaran 574 kasus per hari.

Sementara, Australia mencapai 16.000 kasus per hari, India 8.500 kasus per hari, Thailand 2.400 kasus per hari, dan Malaysia sebanyak 1.700 kasus per hari.

“Kalau dilihat dari reproduksi kasus efektif, Indonesia relatif stabil di angka 1, yang di luar Jawa-Bali. Di Sumatra juga angkanya baik, masih 1. Kemudian di Jawa secara keseluruhan juga 1. Nusa Tenggara 0,99, Kalimantan 0,99, Sulawesi 0,99, Maluku 0,98, dan Papua 0,99,” kata Airlangga.

Untuk tingkat kesembuhan secara nasional, Airlangga mengungkapkan, sudah mencapai 97 persen dan angka kematian berada di angka 2,58 persen. Dilihat dari penularan kasus, menurutnya, kebanyakan kasus lokal, tetapi dari kasus perjalanan luar negeri ada sekitar 25 kasus.

“Kalau di luar Jawa-Bali, BOR relatif rendah, tertinggi hanya di Kalimantan Tenggara dan Kalimantan Tengah,” ujar Airlangga. (mam/rls)

 

Kabar Nusantara Online