by

Tekuk Bali United, Permainan Timnas U-23 Terus Membaik

-Olahraga-13 views

Jakarta, korankabarnusantara.co.id

Setelah berhasil mengalahkan Tira Persikabo dengan skor 2-0 pada Jumat (5/3) Timnas U-23 kembali mampu menaklukan juara Liga 1 2019, Bali United dengan skor meyakinkan 3-1. Dalam laga yang digelar tanpa penonton di Stadion Madya, Senayan, Jakarta (7/3) berjalan ketat. Beberapa pemain yang tidak diturunkan pada laga pertama melawan PS Tira Persikabo kali ini diturunkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Seperti Evan Dimas Darmono dan Osvaldo Ardiles Haay.

Masuknya dua pemain senior ini membuat lini tengah lebih hidup. Skor 3-1 menutup laga Indonesia U-23 melawan Bali United. Gol timnas dicetak oleh K. H Yudo menit ke-35, Koko Ari menit ke-70 dan Osvaldo Haay menit ke-75. Sementara gol dari Bali United dicetak oleh Lerby Eliandri menit ke-83.

Dalam laga ini, Bali United diperkuat tiga pemain Indonesia U-23. Mereka ialah kiper Nadeo Argawinata, Irfan Jauhari, dan Saimina. Namun, mereka baru dimasukkan oleh pelatih Stefano Cugurra di babak kedua. Ketiga pemain ini sengaja dikembalikan ke Bali United, tim asal Pulau Dewata itu kekurangan pemain.

Shin Tae-yong pun sudah mengizinkan tiga pemain ini untuk sementara kembali ke klub mereka.

”Ya tidak apa-apa. Mereka kan statusnya sebenarnya adalah pemain timnas. Ini hanya karena Bali United kekurangan pemain. Mereka juga dipantau oleh pelatih. Pelatnas ini masih panjang. Setelah Piala Menpora mereka akan kembali ke pelatnas untuk bergabung dengan pemain lainnya,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan pun mengapresiasi kedua tim yang bermain ngotot. Baginya tim Indonesia U-23 terus menunjukkan kemajuan dari sisi performa dan fisik, meskipun belum 100%. ”Fisik menurut Shin Tae-yong masih dikasaran 60-70 persen. Ini wajar karena mereka lama vakum setelah kompetisi Liga 1 dan 2 tidak berjalan selama satu tahun terakhir. Tetapi, Anda lihat, meskipun di 20 menit awal, tim Indonesia U-23 kesulitan untuk menembus pertahanan Bali United, masuknya Adam Alis membuat lini tengah makin hidup,” imbuh Iriawan.

Dalam laga ini  striker Indonesia U-23 Muhammad Rafli harus diganti di pertengahan babak pertama karena cedera lutut. Pemain asal Arema FC ini kemudian digantikan Kushedya Hari Yudo yang kemudian menyumbang satu gol.

Setelah laga ini, pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti Piala Menpora yang dimulai 21 Maret. Empat kota akan menjadi tuan rumah, yakni Surakarta (Jawa Tengah), Sleman (DIY), Malang (Jawa Timur), dan Bandung (Jawa Barat).

Pemain akan kembali berkumpul setelah Piala Menpora selesai. Setelah itu kembali dibubarkan dan kembali ke klub masing- masing karena Liga 1 dan 2 akan mulai bergulir setelah Idul Fitri 2021. (san/rls)

Kabar Nusantara Online