by

Sekda Rahmat Ikuti Munas IV Forsesdasi secara Virtual

Cirebon – Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. Rahmat Sutrisno mengikuti acara Munas IV Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) secara virtual di Command Center Kantor Setda, Kamis (21/10/2021).

Berdasarkan hasil Munas, H. Lalu Gita Ariadi terpilih serta dikukuhkan menjadi Ketua Umum Forsesdasi Periode 2021-2024, menggantikan Ketua Umum Fosesdasi 2018-2021 H. Nasrun Umar.

Dalam sambutannya, Ketua Terpilih DPP Forsesdasi H. Lalu Gita Ariadi, merasa beryukur atas pelaksanaan Munas yang sudah menanamkan jiwa spirit kebersamaan. Termasuk semangat musyawarah mufakat. Sehingga mendaulat dirinya untuk memimpin Forsesdasi periode 2021-2024.

Menurutnya, menempatkan musyawarah mufakat dalam proses kepemimpinan organisasi atau paguyuban ini karena mempertimbangkan klaster kewilayahan dan perimbangan yang rasional dan nasionalis.

“Oleh karenanya, kami mewakili rekan-rekan pengurus yang sudah dikukuhkan menyampaikan komitmen untuk siap melanjutkan tugas-tugas Forsesdasi. Dengan prestasi yang sudah torehkan oleh pengurus lama dan kami akan pertahankan ke depannya,” katanya.

Lalu Gita menjelaskan, optimalisasi peran dan keberadaan Sekda provinsi, kabupaten/kota dibutuhkan dalam mengawal proses penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat daerah.

“Munas IV Forsesdasi ini menginspirasi dan memotivasi kita untuk berbuat sesuatu yang lebih baik lagi untuk masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, tantangan Sekda ke depan memang demikian, berat di era pandemi Covid-19 seperti ini.

“Kita selaku wakil ketua Satgas Covid-19, pelaksana harian Covid-19 berjibaku memonitor perkembangan kasus Covid-19 sampai dengan pemberian vaksin dan lain sebagainya. Tentu dalam dua tahun terakhir ini telah menyita tenaga serta sumber daya yang dimiliki di daerah,” kata Lalu Gita.

Selain masalah Covid-19, bagaimana semuanya juga bisa melakukan penanganan terhadap dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19.

“Dampak ekonomi maupun dampak sosial yang ditimbulkan akibat pandemi, seperti angka kemiskinan yang semakin bertambah dan sebagainya. Ini tentu merupakan tugas berat sekda untuk menciptakan suasana prestasi pembangunan sebelum terjadinya Covid-19 dapat kita raih kembali,” ajaknya.

Sementara itu, Staf Ahli Mendagri Bidang Pemerintahan H.Suhajar Diantoro mengatakan, Forsesdasi di bawah kepemimpinan H. Nasrun Umar sudah sangat baik, karena itu harus dijadikan motivasi semuanya. Terutama dalam mengembangkan Forsesdasi agar lebih baik lagi.

“Terima kasih pengurus Forsesdasi di bawah pimpinan Pak Nasrun Umar dan selamat atas terselenggaranya Munas Forsesdasi IV ini. Semoga kepemimpinan baru, bisa mengembangkan organisasi ini lebih baik,” katanya. (DISKOMINFO)

Kabar Nusantara Online