Polres Ciamis Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

CIAMIS  korankabarnusantara.co.id Jajaran Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Upacara ini dilaksanakan secara internal Polri di halaman Mako Polres Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman No.271, Sindangrasa, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2024).

Pada kesempatan itu, Wakapolres Ciamis Polda Jabar Kompol Muhamad Rustandi, S.I.K., bertindak selaku inspektur upacara. Sedangkan komandan upacara yakni Iptu Irwansyah yang sehari-hari bertugas sebagai Kaur Bin Opsnal Sat Res Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar.

Upacara ini diikuti oleh gabungan satuan fungsi Polres Ciamis Polda Jabar. Tak hanya itu, para ASN Polri di jajaran Polres Ciamis Polda Jabar ikut terlibat sebagai peserta upacara.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., melalui Wakapolres Ciamis Polda Jabar Kompol Muhamad Rustandi, S.I.K., mengatakan, tepat di Hari Lahir Pancasila yang selalu dirayakan setiap tanggal 1 Juni ini, Polres Ciamis secara rutin mengadakan upacara bendera merah putih di jajaran internal Kepolisian. Ini dilaksanakan sebagai bentuk Polri menghargai jasa para pahlawan yang membentuk ideologi bangsa yang hingga kini diterapkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wakapolres Ciamis Polda Jabar menuturkan, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Sesuai dengan tema, diharapkan agar dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 ini bisa menjadi momentum untuk meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Yaitu sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Kompol Muhamad Rustandi.

Wakapolres Ciamis Polda Jabar menambahkan, momen ini juga diharapkan dapat menjadi pengingat untuk selalu mengimplementasi nilai nilai Pancasila. Sebagaimana para pahlawan terdahulu memperjuangkan dan menggagas ini untuk bangsa dan negara.

Yat