by

Pengukuhan Dan Pelantikan Pengurus MUI Kecamatan Lelea Masa Khidmat 2019-2020

Indramayu, KN

Pengukuhan dan Pelantikan MUI Masà Khidmat 2019-2020 Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, di aula kantor Kecamatan Lelea, Rabu (22/7/2020).

Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Indramayu, KH. Moh. Syatori, SH.I, MA,
menghimbau kepada semua pengurus yang telah dilantik, kepengurusan MUI Kecamatan Lelea dapat bekerja dengan maksimal dan efektif. “Tentunya saya berharap MUI ini menjadi penggerak dalam peningkatan wawasan keberagaman, menjaga kerukunan umat beragama, dan membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangunan Kabupaten Indramayu.

Dalam arahannya mengingatkan bahwa MUI perlu meneguhkan jati dirinya sebagai organisasi ulama yang memiliki tanggung jawab besar untuk mengawal perjalanan umat Islam dan bangsa Indonesia ke depan.

Ia mengharapkan agar MUI semakin memperkuat siar agama di tengah-tengah masyarakat, karena sekarang ini tantangan-tantangan semakin berat dan beragam. Maka, salah satu bentengnya adalah amalan dan agama.

“MUI harus bisa mengajak umat untuk tetap menjaga keutuhan Negara khususnya di Kecamatan Lelea dari prilaku-prilaku yang dapat memecah belah persatuan, “ ungkap Syatori.

Peningkatan kerjasama dengan lembaga-lembaga sosial keagamaan lainnya juga menjadi tugas bersama yang harus dijalin MUI. Sehingga tupoksi MUI Kecamatan Lelea ke depannya benar-benar dapat dirasakan oleh umat dan masyarakat Kabupaten Indramayu secara umum.

Kh. Syatori mengatakan bahwa dengan eksistensi MUI Kecamatan yang baru dikukuhkan ini ke depannya diharapkan adanya kerjasama yang baik dengan pihak KUA setempat terutama dalam menyikapi permasalahan urusan agama dan kehidupan beragama di Kecamatan Lelea dan umumnya. Sehingga MUI Kecamatan dapat membantu KUA dalam mewujudkan Visi dan Misinya, yakni : “Terwujudnya masyarakat Kecamatan Lelea yang taat beragama, berakhlakul karimah, mandiri, sejahtera lahir dan batin”.

Kemudian, Sangat mengapresiasi dan menyambut baik keberadaan MUI Kecamatan Lelea dan beliau menaruh harapan besar kepada MUI Kecamatan agar betul-betul berperan sebagai wadah tempat masyarakat bertanya ketika adanya permasalahan agama, dan MUI Kecamatan dapat berfungsi sebagai Corongnya Umara, sehingga dapat membantu pihak Pemerintah Kecamatan dalam melaksanakan program-programnya.

Selanjutnya, Syatori Menjelaskan tentang tugas, Fungsi, Visi dan Misi MUI sebagai organisasi yang non politik, yang bertugas dan berfungsi sebagai wadah tempat berkumpulnya para Ulama sebagai pewaris Nabi (al-ulamaa’ warasatul anbiyaai).

Beliau juga berharap dapat mensukseskan pendidikan agama, dengan jemput bola, menertibkan konsolidasi dengan MUI tingkat Desa tertib organisasi dan administrasi. Kami akan mengadakan kegiatan rutin 3 bulan sekali melaksanakan pertemuan pengajian, istigosah, atau batsaul masail nanti bisa dibicarakan dengan pak Camat.
Menurutnya, “Di Kecamatan Lelea tingkat pendidikan agama diposisi 20 besar dari 33 Kecamatan. Tantangan kita dari segi Madrasah diniyah kita tata verifikasi bagi yang belum di SK kan kita bantu. Untuk guru-guru ngaji bisa direcom dari Dana ADD adanya stimulan ini bisa dicaver. Kita organisasi islam tapi harus semi bekerja dengan pemerintah karena motto MUI mitra umaro dan khotibul umat,” jelasnya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Kec. Lelea Kholil Abdillah, SPd.I, mengatakann, “Insha Allah kami sebagai MUI Kecamatan mampu menjadi ujung tombak untuk menyaring berbagai persoalan di masyarakat, agar pelaksanaan tugas nanti segenap pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) kiranya dapat membangun kebersamaan dengan berbagi unsur, baik dengan organisasi pemerintahan terkait maupun berbagai lembaga yang disesuaikan dengan kewenangan dan kondisi sosial,” ungkapnya.

“Sebagai MUI tingkat Kecamatan kami terus menjaga keharmonisan, memperkokoh aqidah, terus meramaikan masjid-masjid dan Madrasah Diniyah,” ujarnya.

“Mari kita bersinergi membangun Kecamatan Lelea, dan membina para generasi muda dengan akhlak, dan kemandirian, ini tugas kita bersama,” jelas Kholil.

Ikut serta di hadiri oleh DP MUI, Para Kuwu se Kecamatan Lelea, Camat Lelea, Kapolsek Lelea, Danramil atau mewakilinya, Kepala KUA dan unsur terkait lainya.

( Anton K )

Kabar Nusantara Online