by

Pemuda Di Kabupaten Cirebon Diminta Terus Kembangkan Kreativitas Dan Inovasi

Cirebon, korankabarnusantara.co.id – Para pemuda di Kabupaten Cirebon diminta untuk terus mengembangkan inovasi dan kreativitas. Sebab, mereka merupakan generasi emas yang akan meneruskan masa depan bangsa dan daerah.

Permintaan tersebut disampaikan Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si saat membuka acara Big Show 2021 pameran prestasi hasil karya pemuda di Grage City Mal Cirebon, Sabtu (27/11/2021).

Bunda Ayu sapaan akrabnya mengatakan, dengan adanya kegiatan ini setidaknya Pemda Kabupaten Cirebon memberikan ruang untuk mereka berkreasi.

“Kita harus memberikan ruang dan mendorong mereka untuk berprestasi dan berinovasi apa saja yang mereka bisa hasilkan dan bisa berdampak kepada masyarakat sekitar,” kata Ayu.

Ayu mengungkapkan, di era pandemi Covid-19 ini, dibutuhkan inovasi dari masyarakat, khususnya para pemuda. Sebab, pandemi ini sangat mengganggu khususnya di sektor perekonomian.

“Oleh karenanya, dengan diadakannya pameran ini artinya kita ikut mendorong para pemuda untuk memasarkan produknya. Sehingga apa yang menjadi karya mereka bisa dikenal oleh semua orang,” ujarnya.

Selain itu, kata Ayu, dirinya sangat bangga dengan Pemuda Kabupaten Cirebon. Di mana mereka bisa menghasilkan produk-produk yang sangat luar biasa.

“Banyak produk para pemuda ini dijual baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ini menjadi suatu kebanggaan dan menjadikan pemuda secara tidak langsung ikut dalam pembangunan di Kabupaten Cirebon dan pemulihan ekonomi,” katanya.

Namun demikian, perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah.  Pasalnya, pemuda ini merupakan garda terdepan kemajuan suatu bangsa.

“Kita dorong para pemuda agar semangat serta mempunyai inovasi agar Kabupaten Cirebon bisa maju dan berkembang lagi,” pintanya.

Ayu menjelaskan, banyak kendala yang dialami para pengusaha seperti para pemuda ini, baik secara permodalan maupun pemasarannya.

“Dengan adanya pameran ini, salah satunya membantu para pemuda untuk memasarkan karyanya. Kalau untuk permodalan sebenarnya banyak bank yang sudah bersedia memberikan permodalan bagi para pengusaha,” kata Ayu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, Ir. H. Avip Suherdian MT mengatakan, acara Big Show 2021 ini merupakan wadah bagi para pemuda yang mempunyai prestasi dan kreativitas.

Menurutnya, dengan adanya pameran ini setidaknya karya pemuda yang ada di Kabupaten Cirebon bisa muncul.

“Saya ingin karya anak muda muncul pada acara ini. Sehingga bisa membantu perekonomian mereka sendiri,” katanya.

Selain pameran karya pemuda Kabupaten Cirebon, Big Show 2021 ini juga diramaikan dengan berbagai perlombaan.

“Ada perlombaan Band Pemuda, K-POP Cover Dance Competition. Saya berharap dengan adanya perlombaan ini muncul bibit prestasi pemuda di Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pemuda, H. Masdi mengatakan, kegiatan Big Show 2021 ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 27-28 November 2021.

Menurutnya, kegiatan ini untuk mewadahi para pemuda yang kreatif dan inovatif.

“Ini membantu teman-teman untuk  memasarkan dari hasil karya pemuda di Kabupaten Cirebon,” katanya.

Masdi menjelaskan, untuk peserta semunya pemuda yang ada di Kabupaten Cirebon. “Sebanyak 30 stand terisi penuh dengan karya para pemuda dan ini murni hasil karya anak muda di Kabupaten Cirebon,” katanya.

(Fjr/DISKOMINFO)

Kabar Nusantara Online