Pemdes Tetenggabo Konsel, Salurkan BLT-DD dan Melaksanakan Penyemprotan Disinfektan

Konsel, KN

Pemerintah Desa Tetenggabo, Kecamatan Sabulakoa, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 bertempat di Balai Desa, bagi warga yang terdampak Covid-19. Dan dibagikan tanpa ada potongan.

Pemberian bantuan ini diserahkan secara langsung oleh Kepala Desa (Kades) Tetenggabo, Ruslan yang bersinergi dengan seluruh perangkat desa, di saksikan Camat Sabulakoa, Danramil 1417-15 Landono, Kapolsek Landono, Babinsa, Bhabimkamtibmas, Perwakilan Dinas PMD Konsel, Pendamping Kecamatan, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ketua LPM, tim pengelolaan kegiatan dan penerima manfaat bantuan langsung tunai dana desa.

Dikatakan Ruslan, sebanyak 91 kartu keluarga (KK) menerima BLT dana desa tersebut, masing-masing menerima bantuan BLT Dana Desa Sebesar 600, ribu rupiah per KK diharapkan agar masyarakat dapat mempergunakan dana ini dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah, kita telah membagikan BLT -DD kepada 91 kepala keluarga (KK), saya berharap agar masyarakat mempergunakan bantuan tunai ini dengan sebaiknya,” harap Kades Ruslan saat ditemui awak media di kediamannya, Rabu (16/9/2020).

Bantuan BLT dari APBN Tahun 2020 Sebesar 600 ribu rupiah ini saya bagikan tanpa ada potongan, hal ini tentunya berdasarkan Permendes nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 50 tahun 2020. dalam peraturan tersebut dijelaskan jika besaran bantuan yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) adalah Rp 600 Ribu rupiah dan 300 Ribu rupiah,” ungkap Kades Ruslan.

Selain BLT itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Tetenggabo juga telah melakukan pembagian masker dan penyemprotan disinfektan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Penyemprotan disinfektan dari rumah ke rumah warga, sekolah, balai desa dan mesjid. Bahkan tempat umum/tempat nongkrong, dengan melibatkan instansi kesehatan,” ujar Kades Ruslan.

Lanjut kata Kades Ruslan, dalam anggaran Dana Desa tahun 2020 telah memprioritaskan pembagunan infrastruktur melalui hasil Musyawarah Desa (musdes) meliputi rehabilitas posyandu dan bedah rumah sebanyak 12 unit.

(Edison)

Kabar Nusantara Online