by

Metode Penanaman Tumpang Sari Dicanangkan Wapres RI Di Purwakarta

 

Purwakarta,Korankabarnusantara.co.id- Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., Kapolda Jabar, dan Gubernur Jabar menyambut kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Prof., DR., K.H. Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerjanya ke wilayah Kodam III/Siliwangi.

Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto membenarkan bahwa, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, menyambut dan melaksanakan pengamanan VVIP Wapres RI bersama rombongan dalam rangka meninjau lokasi penanaman jagung dan kedelai di Desa Ciparung Sari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

“Dalam kunjungan kerja Wapres RI, selain peninjauan, pada kesempatan tersebut juga mendengarkan paparan yang disampaikan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi, tentang gambaran umum lahan dan varietas yang ditanam. Adapun metode penanaman yang dilakukan menggunakan metode tumpang sari, diantara jati ditanam jagung dan kedelai,” ujarnya di sela-sela mendampingi Pangdam III/Slw di Desa Ciparung Sari Purwakarta, Senin (28/3/2022).

Di lokasi yang sama, seusai menerima paparan, Wapres RI dan rombongan menuju lokasi penanaman kedelai dan jagung, dalam kesempatan tersebut Wapres turut menanam jagung hibrida varietas Pioner P35 dan jenis jagung tersebut, memiliki ketahanan genetis alami terhadap penyakit bulai, dan jenis ini dapat menekan biaya produksi, hal itu seperti yang disampaikan oleh Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian pada paparan kepada Wapres RI.

Kemudian Wapres RI dan rombongan melanjutkan kegiatannya menuju Kantor Bupati Purwakarta dalam rangka meresmikan peluncuran Aplikasi Lapak Abah-Ojek Desa dan Santri Digital Preneur.

Dalam pengamanan VVIP kunjungan Wapres RI, Pangdam III/Slw didampingi Danrem 063/SGJ, para Asisten Kasdam III/Slw dan para Kabalakdam III/Slw terkait, dan Satgas Pengamanan Wilayah dari Kodim 0619/Purwakarta serta Kodim 0605/Subang. Sementara Kapolda Jabar didampingi oleh unsur jajarannya. (Pendam/red)

Kabar Nusantara Online