by

Legalisasi Ganja Medis, DPR Akan Kaji

Jakarta, korankabarnusantara.co.id – Belakangan ini muncul wacana legalisasi ganja untuk pengobatan alias ganja medis. Wacana inipun menuai pro-kontra ditengah masyarakat. Bagi yang pro, mereka berargumen bahwa ganja untuk medis kaitannya dengan penyakit yang terapi obatnya ganja. Sementara, yang kontra dengan wacana itu menilai, jika ganja dilegalisasi, maka dikhawatirkan penggunaan ganja akan meningkat. Pendukung kontra ini beralasan, tak hanya penyalahgunaan, resiko melegalkan ganja juga sangat besar. Apalagi, jika pengawasannya tidak ketat. Lantaran polemik itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indoneaia (DPR RI) bidang ekonomi dan keuangan, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan pihaknya akan segera mengkaji wacana legalisasi ganja untuk kebutuhan medis.

Meski di beberapa negara ganja sudah bisa digunakan untuk kebutuhan pengobatan atau medis, namun kata Dasco, di Indonesia hal itu masih belum diatur dalam undang-undang.

“Sehingga nanti kami akan coba buat kajiannya apakah itu kemudian dimungkinkan untuk ganja sebagai salah satu obat medis yang memang bisa dipergunakan,” kata Pimpinan Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) itu saat diwawancarai awak media di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (26/6/2022).

DPR juga dikatakannya akan berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Kesehatan. Namun demikian, kata Dasco, Indonesia masih belum mempunyai undang-undang yang memungkinkan dibolehkannya ganja digunakan untuk keperluan medis.

“Karena di kita, di Indonesia kajiannya belum ada, penelitiannya belum ada, demikian,” imbuh Dasco.

DPR, katanya, membuka peluang wacana legalisasi ganja untuk kesehatan. Hal itu nantinya akan dituangkan dalam revisi Undang-Undang Narkotika.

“Nanti kita coba koordinasikan,” tandas legislator dapil Banten III tersebut.

Dasco menyampaikan hal tersebut menanggapi seorang ibu yang melakukan aksi damai meminta ganja agar dilegalkan untuk keperluan medis di Car Free Day (CFD) Jakarta, Minggu (26/6/2022). Aksi damai yang dilakukan ibu tersebut menarik simpati masyarakat setelah sosoknya viral di media sosial. Dalam foto yang beredar di media sosial, sang ibu membawa sebuah papan bertuliskan “Tolong anakku butuh ganja medis”. (HS/rls)

Kabar Nusantara Online