by

Hati-Hati Peredaran Rokok Tanpa Cukai Masuk Wilayah Kabupaten Ciamis

Ciamis, korankabarnusantara.co.id

Waspadai terhadap peredaran rokok tanpa cukai alias bodong ilegal, adapun katagorinya, polos yaitu yang diedarkan, dijual, atau ditawarkan tidak dilengkapi pita cukai. Salah peruntukan yaitu rokok yang diedarkan dengan menggunakan pita cukai yang tidak sesuai dengan volume, kuantitas, berat, tarif, HJE atau jenisnya.

Palsu atau dipalsukan yaitu rokok dengan menggunakan pita cukai yang bukan asli atau disama-samakan, bekas rokok yang diedarkan dengan menggunakan pita cukai pada bungkus yang lain. Kantor Bea Cukai Wilayah Jawa Barat mengimbau kepada masyarakat agar waspada akan hal tersebut.

Pasokan rokok ilegal sejak bulan januari 2021 hingga bulan agustus 2021 Bea Cukai Tasikmalaya menemukan 284.576 batang rokok ilegal serta 289.634 bakau curah dari temuan petugas yang di jual mulai warung kecil di daerah sampai toko modern. Akibatnya negara mengalami kerugian sebesar Rp, 158 juta rupiah.

Ahli Pratama Bea Cukai Tasikmalaya Ismail Hakim saat sosialisasi peraturan perundang undangan Cukai bertempat di LPSE Kabupaten Ciamis menyebutkan, “Para penjual rokok ilegal sudah menyasar ke warung warung yang berada di wilayah pinggiran, kami meminta semua pihak untuk tidak segan melaporkan bilamana menemukan rokok ilegal tersebut,” jelasnya.

(Irwan)

Kabar Nusantara Online