by

Ekspor Mobil DFSK Asal Indonesia Naik 228 Persen

-Otomotif-15 views

Banten, korankabarnusantara.co.id

Ditengah himpitan ekonomi yang merosot akibat pandemi Covid-19, produsen mobil asal Negeri Tirai Bambu Dongfeng Sokon (DFSK) mengklaim berhasil mempertahankan ekspor. DFSK berhasil menjual sebanyak 1.094 unit mobil berbagai model hasil rakitan pabriknya yang berlokasi di Cikande (Banten) sepanjang 2020 ke berbagai negara. Angka tersebut naik hingga 228 persen, dibanding ekspor pada tahun 2019 (479 unit).

“Sejak pertama kali hadir di Indonesia DFSK memiliki semangat untuk menjadi pemain global dengan menyediakan berbagai jenis kendaraan yang dibutuhkan oleh berbagai negara,” ungkap Public Relations and Media Manager PT Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi dalam keterangan tertulisnya.

Achmad menambahkan hal ini sesuai dengan strategi utama yang telah dilakukan DFSK sejak awal, yaitu berakar di Indonesia, lalu ekspansi ke Asia Tenggara dan mendistribusikan produksinya ke dunia. Seluruh kendaraan yang dipasarkan sudah melalui proses produksi yang presisi, dibantu dengan teknologi canggih dan sumberdaya manusia (SDM) dari dalam negeri.

Ia melanjutkan pencapaian ekspor di tahun 2020 menjadi bukti kendaraan-kendaraan DFSK buatan Indonesia diminati pasar global dan sudah teruji memiliki standar kualitas internasional. Achmad mengungkapkan pihaknya terdorong untuk menghadirkan kendaraan-kendaraan yang berkualitas untuk pasar ekspor dan di dalam negeri berkat hasil ekspor yang diraih pada tahun 2020.

DFSK membangun fasilitas produksi di Indonesia untuk memenuhi permintaan dari dalam dan luar negeri. Pabrik DFSK di Indonesia merupakan pabrik kedua DFSK yang berada di luar China. Pabrik yang berada di Kawasan Industri Modern Cikande dibangun dengan investasi 150 juta dolar Amerika Serikat (AS). Pabrik baru ini memiliki kapasitas produksi maksimal 50 ribu unit per tahun. Pabrik ini digunakan sebagai basis DFSK untuk memperluas pasarnya di dunia.

Setelah menargetkan pasar domestik dan pasar ekspor Asia, DFSK juga membidik pasar ekspor Afrika untuk memasarkan kendaraan-kendaraan yang diproduksi dari Indonesia. Model-model kendaraan DFSK yang diproduksi di pabrik Cikande terdiri atas DFSK Glory i-Auto, DFSK Glory 580, DFSK Glory 560, DFSK Super Cab dan DFSK Gelora. Mobil DFSK buatan Indonesia ini telah dikirim ke lebih dari 10 negara, seperti Srilanka, Brunei Darussalam, Maroko dan lainnya. (atta/rls)

Kabar Nusantara Online