by

Damaikan Dua Negara Konflik, Presiden Bakal Kunjungi Rusia dan Ukraina

Jakarta, korankabarnusantara.co.id-Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal melakukan kunjungan ke dua negara yang sedang berkonflik yakni Rusia dan Ukraina. Rencananya, Jokowi akan bertemu dengan kedua Presiden di kedua negara yang sedang berperang tersebut di Ibu Kota Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia pada akhir Juni 2022. Kunjungan itu akan menjadi kali pertama pemimpin Asia ke kedua negara guna menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu, (22/6/2022).

“Kunjungan ke dua negara itu merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal, kita paham situasi saat ini masih sangat rumit, dunia juga paham mengenai kompleksitas yang ada,”ujar Menlu Retno.

Retno menuturkan, meskipun situasi sulit dan masalahnya kompleks antara Rusia dan Ukraina, namun Jokowi sebagai Presiden G-20, dan salah satu anggota dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekretatis Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), memilih untuk tidak diam dan berkontribusi dalam krisis kemanusiaan

Menurut Retno, Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Setelah kunjungan ke Ukraina dan Rusia,  destinasi terakhir kunjungan Jokowi ialah ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, untuk menindaklanjuti kerja sama di bidang ekonomi antara kedua negara. (HS/rls)

Kabar Nusantara Online