by

Bupati Tulang Bawang Rapat Penanganan Khusus Covid-19 Bersama Forkopimda

Tulang Bawang, korankabarnusantara.co.id

Bupati Tulang Bawang Dr. Hj. Winarti, S.E., M.H., melakukan rapat penanganan khusus Covid-19 bersama Forkopimda di Gedung Serbaguna (GSG) Menggala.

Dihadiri seluruh Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang, Asisten I, Kaban BPKAD, Kepala Dinas Kesehatan, Kaban BPBD, Bappeda, Kabag Kesra, Sekretaris Kominfo, Kadis PMK.

Bupati mengatakan, “Tulang Bawang saat ini berada di Zona Orange, Zona penularan cukup tinggi. Kecamatan Menggala masuk ke orange, dan yang lainnya kuning serta hijau,” katanya.

“Saat ini per 14 Juli 2021 posisi Tulang Bawang positif 371, dirawat 0, rujuk 0, isolasi 13, sembuh 33, meninggal 27. Harapan ke depan 31.467 masyarakat sudah tervaksin, saat ini terealisasi 8,5 persen,” ujarnya.

Winarti menambahkan, terkait Shalat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1442 H/2021 M diadakan di lapangan terbuka atau di Masjid/Mushalla. Sedangkan pada daerah Zona Merah dan Orange, ditiadakan.

“Penyembelihan hewan qurban berlangsung tiga hari, tanggal 11, 12 dan 13 dzulhijjah untuk menghindari kerumunan. Pemotongan hewan qurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R), bila terbatas maka dapat dilakukan di luar RPH-R dengan protokol yang ketat,” tuturnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan hajatan resepsi pernikahan ditiadakan, hanya diperbolehkan pelaksanaan akad nikah saja mulai tanggal 14 Juli 2021 sampai 28 Juli 2021.

Ia menguraikan, “tidak diperkenankan belajar tatap muka, karena kenaikan pandemi Covid-19 secara tiba-tiba. Satgas Covid-19 melakukan sosialisasi tentang isolasi mandiri ke setiap kampung,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati meminta bantuan agar sosialisasi isolasi mandiri dipercepat. Hal ini merupakan strategi untuk mempercepat penurunan Covid-19 dan menyatukan suara, sehingga semua dapat membantu dalam penanganannya. Acara rapat sudah melalui protokol kesehatan yang ketat.

(Joni Putra)

Kabar Nusantara Online