by

Bupati Ciamis Buka Pelatihan Dasar CPNS 2021

Ciamis, korankabarnusantara.co.id

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka kegiatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Angkatan I dan II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ciamis, Senin (5/4/2021).

Turut hadir secara virtual dalam pembukaan Latsar CPNS, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat, Muhamad Solihin.

Kegiatan Latsar CPNS ini dilaksanakan dari tanggal 5 April – 11 Juni 2021, adapun jumlah peserta Latsar kali ini berjumlah 80 orang.

Pada sambutannya Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, latihan dasar merupakan salah satu kewajiban dan syarat CPNS untuk diangkat dan ditetapkan menjadi PNS.

“Latihan Dasar merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diikuti para CPNS, di samping untuk pembentukan karakter juga sebagai upaya peningkatan kompetensi CPNS,” katanya.

Ia mengharapkan para CPNS yang mengikuti Latsar bisa menyatukan persepsi untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Ciamis.

“Kita bersama-sama satu tujuan dalam visi misi Kabupaten Ciamis yang telah dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Ciamis 2019-2024,” tuturnya.

“Semua SKPD harus berkolaborasi terintegrasi dalam mencapai visi Kabupaten Ciamis, dengan kebersamaan semua akan terwujud dan tercapai, ” ujar Herdiat.

Bupati Ciamis ini pun mengungkapkan Kabupaten Ciamis masih kekurangan ASN, khususnya di bidang pendidikan, banyak Sekolah yang PNS nya cuman satu orang.

“Kabupaten Ciamis kehilangan 6000 lebih ASN setelah lepasnya Kabupaten Pangandaran. Selain itu setiap tahunnya banyak yang telah pensiun sehingga menambah kekurangan ASN, ” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Ciamis, Yeyet Trisnayati menjelaskan, tujuan diselenggarakannya Latsar CPNS untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi.

Lebih lanjut, sebanyak 80 peserta yang mengikuti Latsar CPNS telah dilakukan SWAB test sebelumnya.

“Setiap peserta telah dilakukan SWAB test sebelum mengikuti Latsar CPNS,” tegasnya.

Pelaksanaan kegiatan Latsar ditargetkan selama 51 hari yang dilaksanakan secara on Campus dan off campus. Untuk on campus dilaksanakan dari tanggal 5 April sampai 24 April 2021. Off campus dari tempat kerjanya masing-masing dari tanggal 25 sampai 8 Juni 2021 dan on campus kembali pada 9-11 Juni 2021.

“Latsar CPNS ini dilaksanakan secara klasikal selama kurang lebih 21 hari dengan diasramakan di BKPSDM Ciamis. Serta non-klasikal selama 30 hari kerja di tempat kerjanya,” urainya.

(Irwan)

Kabar Nusantara Online