by

Baru Mengaspal Empat Tahun, 2021 Wuling Masuk 10 Besar Pabrik Otomotif Indonesia

-Otomotif-42 views

Jakarta, korankabarnusantara.co.id

Pasar otomotif di tanah air memang sangat dinamis. Buktinya, persaingan antar pabrikan mobil begitu ketat dan sengit. Untuk itu, berbagai strategi dan inovasi pun dilakukan agar konsumen membeli produk mobil yang dibuatnya. Inovasi produk inilah yang terus dilakukan Wuling Motors Indonesia. Bahkan, pabrikan asal Negeri Tirai Bambu ini mendukung pasar otomotif Tanah Air dengan berbagai karya inovasi kendaraan. Selain itu, perusahaan ini mendukung program elektrifikasi kendaraan di Indonesia dengan cara memperkenalkan berbagai macam kendaraan listrik untuk masyarakat.

Wuling telah menunjukkan kesiapannya menyambut era percepatan mobil listrik yang dicanangkan oleh pemerintah melalui kehadiran beragam lini EV yang telah ditampilkan kepada masyarakat dalam beberapa kesempatan pameran.

Lini produk Wuling di segmen kendaraan listrk di negara asalnya didominasi kelas microcar yang merupakan bagian dari Global Small Electric Vehicle (GSEV) seperti E100, E200, E300 dan Hongguang Mini EV yang baru diluncurkan.

Wuling pernah memamerkan E100 dalam salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia di Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan. Lini EV seri E dari Wuling telah menjadi lini kendaraan listrik.

Dalam Indonesia Electric Motors Show 2019, Wuling menghadirkan E200 yang tersedia untuk sesi test drive E100 bagi pengunjung yang ingin menjajal micro-EV. Wuling juga meluncurkan Hongguang Mini EV di China pada Juli 2020.

Seri GSEV Wuling yang telah terjual sebanyak 99.652 unit ini menempati posisi pertama penjualan kendaraan listrik di China pada kuartal pertama 2021.

Paling tidak, dalam empat tahun mengaspal di Indonesia, Wuling telah memasarkan lebih dari 60 ribu kendaraan, dan pada semester pertama 2021 Wuling masuk dalam 10 besar pabrikan di Nusantara.

Kinerja Wuling untuk menjadi satu-satunya pabrikan non-Jepang yang masuk dalam urutan 10 besar tidak lepas dari strategi mereka yang mengedukasi konsumen di Indonesia terkait inovasi dan teknologi kendaraan.

Setelah mendirikan pabrik di atas lahan seluas 60 hektar di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat, Juli 2017, Wuling langsung menggebrak pasar mobil keluarga Confero S. Lalu, membawa mesin turbo yang disematkan pertama kali pada mobil Almaz dan Cortez CT pada tahun 2019 serta dilanjutkan untuk seri Almaz RS di tahun 2021.

Sebelumnya, Cortez yang dirilis pada 2018 juga menarik perhatian masyarakat sebab Wuling memberikan fitur kelas atas pada mobil MPV menengah itu, antara lain sunroof, auto wiper, eletric seat, auto AC, lampu LED, dan wooden panel.

Pada Almaz, Wuling menyematkan teknologi perintah suara cerdas berbahasa Indonesia pertama yakni Wuling Indonesian Command (WIND).

Pabrikan berlogo lima berlian mengembangkan teknologinya dengan mengenalkan inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang merupakan perpaduan dari Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang semakin memudahkan dalam berkendara bersama Almaz RS.

Assistant of President Wuling Motors Han Dehong menegaskan, terus melangkah maju dengan inovasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus berkembang.

“Kami mengusung tema ‘Inovasi Bersama Indonesia’ dalam perayaan hari jadi kali ini sebagai perwujudan semangat Wuling untuk terus menyajikan beragam inovasi bersama Indonesia, baik dari segi produk maupun layanan,” ujarnya. (san/rls)

Kabar Nusantara Online