by

Arus Balik, Kemenhub Berangkatkan Ratusan Warga Cirebon

Cirebon, korankabarnusantara.co.id – Kementerian Perhubungan berangkatkan secara gratis ratusan pemudik asal Kota Cirebon dan sekitarnya menuju Jakarta. Sebanyak 147 warga Cirebon diberangkatkan secara langsung dari Terminal Tipe A Harjamukti Kota Cirebon menggunakan 5 unit bus pada Minggu (8/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kemenhub RI, Drs Nahdudin MSc. Ia didampingi oleh Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Terminal Tipe A Harjamukti, Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati, Wakapolres Ciko, Dandim 0614/Kota Cirebon, Kadishub Kota Cirebon, dan Kepala Jasa Raharja Perwakilan Cirebon.

Dalam keterangannya, Nahdudin menjelaskan program tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan safety dan security lalu lintas jalan. Apalagi, dengan adanya mudik gratis tersebut volume kendaraan dapat berkurang. Apalagi total ada 147 penumpang yang ikut serta dalam mudik gratis tersebut. Setidaknya ada 2 tujuan yang dituju oleh para pemudik, yakni Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kampung Rambutan.

“Karena dengan mudik gratis ini, volume jalan akan terkendali. Kepadatan jalan akan berkurang. Karena bayangkan hari ini tersedot 147 orang. Misal pakai motor atau kendaraan pribadi, bagaimana volumenya, kata Nahdudin, Minggu (8/5/2022).

Menurutnya, program ini juga merupakan cara shortcut untuk safety dan security transportasi jalan. Apalagi, dalam situasi pasca lebaran, semuanya akan kembali ke daerah asalnya masing-masing. Sehingga, jalan penuh dan beban jalan akan semakin meningkat.

“Kita tahun ini untuk arus balik adakan serentak di 8 kota lainnya ada di Jabar, Jateng, dan Jatim. Insyallah setiap tahunnya kita akan alokasikan lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik adanya program balik gratis yang diadakan oleh Kemenhub RI. Apalagi, ini akan mengurangi angka kecelakaan.

“Pengamanan dan koordinasi yang dilakukan ini membuahkan hasil yang tentunya luar biasa. Dua tahun kita tidak ada mudik. Hari ini semua keluar dengan kondisi luar biasa, Kemenhub RI membuat regulasi yang tepat. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Menteri dan jajarannya,” jelasnya.

Diharapkan ke depannya, kata Eti, Kota Cirebon bisa mendapatkan kuota yang lebih banyak lagi daripada tahun 2022 ini.

“Kami Kota Cirebon, berharap agar bisa ditingkatkan dan diberitahukan lagi. Barangkali ini belum tersosialisasikan. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak. Minimal warganya tidak membawa motor pulang dari Jakarta, pulang-berangkat disediakan” pungkas Eti. (diding/rls)

 

 

Kabar Nusantara Online